Website Kickass Torrent Tidak Bisa Diakses, Kloningannya Online


Anda yang sering menyedot beragam file ilegal dari website berbagi Kickass Torrent pasti tidak bisa mengakses website tersebut. Hal ini bukan dikarenakan jaringan internet Anda yang bermasalah, melainkan website Kickass Torrent yang sedang tertimpa musibah.

Kickass Torrent yang memiliki ribuan database lagu, game, dan film ilegal baru saja ditutup oleh pemerintah Amerika Serikat. Alasannya jelas karena Kickass Torrent telah melakukan pelanggaran hak cipta dan ditaksir sudah membuat kerugian hingga nominal US$1 miliar. Penutupan ini terjadi tak lama setelah sang pemilik asal Ukraina, Artem Vaulin, ditangkap di Polandia.

Artem ditangkap oleh FBI pada Rabu, 20 Juli 2016. Ia berhasil dilacak dan ditangkap berkat penelusuran mendalam. Diperkirakan FBI menelusuri keberadaan Artem dari transaksi pemasangan iklan di Kickass Torrent. Pendapatan yang bisa diraih Artem sendiri ditaksir mencapai US$17 juta dalam sebulan.

Ditutupnya Kickass Torrent mengingatkan kita akan kejadian yang sama yang menimpa Megaupload. Website berbagi file ilegal tersebut dibekukan pada tahun 2012 setelah pemiliknya, Kim Dotcom digugat karena melanggar hak cipta dengan nilai hingga US$500 juta.

Namun tenang saja belum ada sehari KickAss Torrent offline, kloningannya sudah muncul. Namun kloningan KickAss Torrent ini bukanlah peniru, melainkan aksi penyelamatan yang dilakukan oleh isoHunt yang juga menjalankan website torrent. Jadi isoHunt membuat mirror dari KickAss Torrent yang sudah offline, dan ditempatkan di alamat KickAssTorrent.website.

Tapi seperti dilansir Venture Beat, isi dari mirror KickAss Torrent tersebut tidak sepenuhnya lengkap. isoHunt mengaku hanya mampu menyelamatkan data KickAss Torrent yang telah disimpan sekitar satu setengah tahun ke belakang.

Meski begitu, kesempatan ini mungkin bisa dimanfaatkan oleh penggila Torrent yang belum sempat mendownload file-file yang diinginkannya. Hanya saja jangan harap menemukan forum di website mirror itu, karena isoHunt sebatas menyelamatkan file-file yang pernah tersimpan di KickAss Torrent saja.

Apa yang dilakukan isoHunt ini bukan yang pertama kali. Ketika Pirate Bay ditutup pada bulan Desember 2014 lalu, isoHunt juga membuat mirror untuk pesaingnya itu. isoHunt benar-benar membuatnya sama persis, bahkan dengan tambahan konten.

Kembali ke soal KickAss Torrent, isoHunt juga membuat petisi di change.org agar pendiri KickAss Torrent Artem Vaulin terlepas dari dakwaan. Meski isi petisi tersebut sulit diwujudkan, isoHunt yakin kalau berhasil menembus 100 ribu dukungan dalam 30 hari, maka pihak berwenang akan mau membuka diri.


No comments

Powered by Blogger.